Keunikan Masyarakat Badui

Pakaian



Pakaian Suku Badui Dalam
nyunyu.com

Hal unik pertama yang bisa kita temui di masyarakat suku Badui adalah pakaian mereka yang khas. Suku Badui Dalam identik menggunakan pakaian berwarna putih polos. Para pria menggunakan pakaian lengan panjang ditambah ikat kepala berwarna putih juga.
Semua pakaian tersebut dijahit secara tradisional. Warna putih sendiri melambangkan kesucian budaya mereka yang masih terjaga dan belum bercampur dengan budaya luar.
Sedangkan, untuk suku Badui Luar biasanya menggunakan pakaian berwarna hitam atau biru tua.

Kepercayaan



Kepercayaan Suku Badui
watipuspitasari.blogspot.co.id

Suku Badui terkenal dengan kepercayaan animisme atau pemujaan kepada nenek moyang. Kepercayaan ini biasa disebut juga dengan istilah Sunda Wiwitan. Objek kepercayaan yang paling penting bagi suku Badui sendiri adalah Arca Domas yang merupakan tempat paling sakral dan paling dirahasiakan.
Biasanya setiap tahun sekali diadakan acara pemujaan di Arca Domas yang dihadiri oleh ketua adat tertinggi (puun) dan orang-orang yang terpilih saja.

Bulan Puasa Kawalu



Bulan Puasa Kawalu
bisniswisata.co.id

Hal unik terakhir yang bisa kita temui di Suku Badui ini adalah bulan puasa khas yang dilakukan oleh masyarakat Badui yang dikenal juga dengan sebutan ‘Kawalu’. Ketika suku Badui sedang melaksanakan Kawalu, maka orang-orang asing di luar suku Badui tidak boleh memasuki wilayah mereka.
Pelaksanaan Kawalu dalam setahun adalah tiga bulan berturut-turut. Ketika pelaksanaan Kawalu seluruh suku Badui fokus mengerjakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan bulan puasa Kawalu ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Meaning of Tosca Color

NAMA KERBAU ADUAN TORAJA YG HEBAT

9 KEUNIKAN TANA TORAJA