6 Makanan Khas dari Sulawesi Utara

  1. Saut
Saut merupakan makanan khas Sulawesi Utara yang wajib kamu coba. makanan ini berupa sayuran yang berasal dari batang pisang muda atau batang paling dalam setelah pelepahnya dikeluarkan dan diiris kecil-kecil kemudian dibumbui. Makanan tradisional ini sering menjadi makanan khas setiap kali ada acara pesta pernikanan di gelar di daerah Minahasa.

  1. Nasi jaha
Makanan Khas Sulawesi Utara Paling Enak
Makanan khas Sulawesi Utara yang paling enak selanjutnya ini adalah Nasi jaha. Makanan ini adalah salah satu makanan khas dari Sulawesi Utara yang berbahan dasar dari beras ketan dan santan yang dibakar, tetapi sebelumnya bahan tersebut diisikan kedalam batang bambu yang dilapisi dengan daun pisang dan baru kemudian dibakar sampai matang.
Makanan khas dari Sulawesi Utara ini sebenarnya hampir mirip dengan dodol jika di daerah jawa tengah. Dan makanan ini merupakan ole-ole yang wajib jika setiap ada perayaan pengucapan syukur seperti pernikahan.

  1. Paniki (kelelawar)
Makanan Khas Sulawesi Utara Paling Enak
Paniki merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Utara yang cukup ekstrem yang wajib kamu coba jika berunjung ke Sulawesi Utara. Makanan ini adalah makanan yang berbahan dari kelelawar. Sebelum diolah menjadi masakan, biasanya kelelawar ini terlebih dahulu dibakar untuk menghilangkan bulu-bulu halusnya, kemudian dimasak dengan bumbu santan yang lezat.
Nah jika kamu mulai penasaran dengan makanan khas dari Sulawesi Utara ini, kamu bisa langsung datang ke Sulawesi Utara untuk mencobanya, karena menyantap paniki merupakan sebuah kenikmatan yang berbeda apalagi saat menyantap sayapnya yang memang benar-benar nikmat.

  1. Pangi
Makanan Khas Sulawesi Utara Paling Enak
Pangi juga merupakah salah satu daftar makanan khas Sulawesi Utara yang cukup mudah dijumpai ketika ada acara pesta pernikahan berlangsung. Makanan ini terbuat dari daun pangi yang dibumbui dan dimasak menjadi makanan yang enak.
Untuk membuat makanan khas Sulawesi Utara ini proses pembuatan cukup mudah, yaitu daun pangi diiris halus terlebih dahulu kemudian dicampur dengan berbagai bumbu seperti daun lemon, bawang merah, dan berbagai bumbu lainnya, kemudian semua bahan dimasukkan kedalam bambu dan dimasak dengan cara dibakar sampai matang.


  1. Payangka
Makanan Khas Sulawesi Utara Paling Enak
Makanan khas Sulawesi Utara lainnya yang juga sangat enak ini adalah Payangka. Menu Ikan Payangka atau disebut juga Betutu atau Marbel Goby ini termasuk kategori makanan khas dari Sulawesi Utara. Karena ikan Payangka ini hanya bisa ditemukan di Danau Tondano. Bahkan Ikan Payangka ini pernah diminta oleh Kaisar Jepang untuk diteliti.
Ikan yang hidup di dasar air Danau Tondano ini memang sangat enak jika digoreng. Keistimewaan makanan khas Sulawesi Utara ini rasanya gurih dan juga manis. Selain itu Payangka juga terasa sedap jika diolah dengan bumbu Woku. Bumbunya sama dengan Mujair Woku. Nah jika kamu ingin mencoba makanan ini, kamu bisa datang langsung ke Tondano.


  1. RW (daging anjing)
Makanan Khas Sulawesi Utara Paling Enak
RW ternyata juga merupakan makanan khas Sulawesi Utara yang cukup ekstrem loh. Rw atau yang dikenal dengan daging anjing ini seolah-olah telah menjadi makanan wajib setiap kali pesta pernikahan di Sulawesi Utara terlebih di daerah tanah Minahasa.
Makanan khas Sulawesi Utara ini bahan dasarnya adalah daging anjing yang dimasak dengan cara yang khas Manado yakni dimasak bersama – sama dengan bumbu rica. Hal ini dilakuakan agar ciri khasnya yang pedas akan terasa dan lebih nikmat dan enak untuk disantap. Tetapi jika kamu umat muslim, sebaiknya menghindari makanan yang satu ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Meaning of Tosca Color

NAMA KERBAU ADUAN TORAJA YG HEBAT

9 KEUNIKAN TANA TORAJA